Agent Of Change

             Sering sekali kita lihat banyak aksi-aksi yang dilakukan oleh mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan banyak alasan antara lain mahasiswa ingin Indonesia menjadi negara kesatuan yang utuh dan memenuhi segala tanggung jawab serta hak-hak masyarakat Indonesia, selain itu juga mahasiswa melakukan aksi dikarenakan mereka ingin menegakkan suatu kebenaran antara lain mereka ingin menegakkan hak-hak masyarakat yang lemah sehingga hak mereka dapat terpenuhi.
            Dalam masyrakat, hakekat mahasiswa yaitu seseorang yang menuntut ilmu di perguruan tinggi serta memahami nilai-nilai Tri Dharma Mahasiswa. Di dalam dunia pendidikan, status mahasiswa adalah status tertinggi seorang murid di dunia pendidikan. Bersamaan dengan pengertian tersebut, mahasiswa memiliki lingkup gerak yang sangat luas dibanding dengan murid yang ada di sekolah. Lingkup gerak yang sangat luas dapat diartiakn bahwa mahasiswa dengan semua ilmu yang didapat dapat mengetahui benar dan salah, termasuk dengan menilai semua kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah. Mahasiswa juga dapat diartikan sebagai penggerak perubahan untuk NKRI yang lebih maju.
            Gerakan mahasiswa sekarang sangat jauh berbeda dengan gerakan mahasiswa zaman dahulu. Hal ini dikarenakan adanya era globalisasi dan kemajuan IPTEK. Perbedaan yang ada antara lain tujuan dari gerakan mahasiswa itu sendiri. Jaman dahulu mahasiswa melakukan pergerakan dikarenakan tujuan mereka yang benar-benar ingin Indonesia menjadi negara yang sejahtera serta negara yang merdeka. Contohnya saja gerakan mahasiswa pada saat rezim Soeharto serta gerakan mahasiswa yang dibantu oleh pemuda bangsa untuk menegakkan kemerdekaan Indonesia. Mereka benar benar ingin berjuang untuk rakyat meskipun nyawa taruhannya.
            Berbeda dengan gerakan mahasiswa yang sekarang, banyak sekali mahasiswa yang melakukan gerakan dengan tujuan lain selain membela tanah air, antara lain yaitu mereka hanya ingin ikut-ikutan dengan temannya, terlihat populer, ingin dirinya dianggap baik oleh sebagian orang. Dan banyak sekali pergerakan mahasiswa sekarang antara lain melakukan aksi yang berujung pada kericuhan. Contohnya saja seperti
            Namun jauh dari itu semua, masih ada mahasiswa yang benar benar ingin menegakkan kebenaran atas kebijakan pemerintah serta isu-isu yang tidak benar mengenai keberlangsungan NKRI sehingga Indonesia menjadi negara yang damai, sejahtera. Contohnya saja mereka yang melakukan aksi secara damai dan tidak menimbulkan kericuhan. Bagaimana aksi dapat dikatakan damai? Sedangkan orang orang sekarang telah berpikir bahwa kata-kata aksi itu sudah merujuk ke hal yang negatif yaitu kericuhan. Aksi dapat dikatakan damai jika pada saat aksi itu tidak terdapat keributan dan kericuhan. Hal tersebut tidak jauh dari manajemen aksi, yaitu ketika negosiator sedang bernegosiasi dengan pejabat tinggi, seorang koordinator lapangan dan orator memimpin jalannya aksi sehingga aksi tetap dalam kendali.
            Mahasiswa seharusnya menjadi agent of change yaitu pengantar perubahan untuk Indonesia yang lebih maju. Namun untuk masa yang sekarang pergerakan mahasiswa dapat dikatakan sangat mundur. Mengapa demikian? Dikarenakan mahasiswa sekarang tingkat kepekaan terhadap sosial sangat lemah serta mereka hanya memikirkan dirinya sendiri serta keuntungan apa yang akan mereka dapat. Mahasiswa sekarang hanya memikirkan mengenai nilai serta karir mereka dimasa depan tanpa mereka memikirkan Indonesia sekarang seperti apa dan akan bagaimana di masa mendatang. Jika mahasiswa sekarang seperti itu, mau dibawa kemana negara Indonesia ini? Akankah negara Indonesia ini menjadi milik asing yang nantinya rakyat Indonesia hanya akan menjadi pembantu dinegara sendiri, terjajah di negara sendiri, serta tinggal di emperan jalan? Seharusnya mahasiswa sebagai tonggak masa depan bangsa dengan segala ilmu yang dimilikinya, mereka dapat memainkan peran tersebut sehingga Indonesia akan menjadi negara yang maju serta sejahtera.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN KIMIA REAKSI EKSOTERM DAN REAKSI ENDOTERM BESERTA PERUBAHAN ENTALPI

LAPORAN UJI KANDUNGAN BAHAN MAKANAN

LAPORAN KIMIA LAJU REAKSI